SerbaSerbi Pertekom

11. Apakah Anda setuju dengan penilaian penulis bahwa iklan mendominasi sekarang ini? Apa pendapat Anda tentang trend ini?
Jawaban :
Iklan dapat menjadi metode komunikasi yang sangat efektif karena bisa menjangkau audiens dalam jumlah besar, Iklan sering menjadi pilihan utama untuk mengarahkan berbagai kampanye yang dilakukan oleh PR untuk mencapai tujuan dari berbagai programnya di mana salah satu tujuannya adalah membentuk citra positif bagi perusahaan. Iklan hanya salah satu dari banyaknya alat yang dipakai oleh PR untuk membangun citra dan brand perusahaan. Iklan semakin mendominasi karena makin banyak ide – ide kreatif yang muncul dan semakin mendominasi seperti banyak iklan yang saling menyindir satu sama lain, contohnya iklan perdana seuller AS dengan XL secara tidak langsung baik dalam warna dan perkataan dalam iklan tersebut saling menyindir dan menyela walawpun terlihat tidak begitu jelas. Iklan seperti itu semakin banyak dan semakin mendominasi setiap tayangan televisi or radio. Semua mengejar populer dan target khalayaknya agar makin banyak yang menggunakan, semakin sering disiarkan makan khalayak semakin penasaran, seperti iklan kecantikan yang di buat secara bersambung dan khalayak dibuat penasaran dengan terusaan iklan tersebut. Menurut saya trend ini semakin diluar kontrol, persainggan dalam iklan makin banyak dan semakin jelas bahwa terjadi persainggan tetapi alangkah baiknya jika persainggan dalam iklan ditonjolkan keunggulan dalam produk bukan dengan sindiran semata.

12. Mengapa masalah iklan komersial terlihat lebih jelas di radio daripada di televisi?
Jawaban :
Lebih terdengar jelas di radio mungkin karena, radio alat komunikasi audio (suara) dan setiap orang pasti memiliki radio dibandingkan televisi. Semua khalayak dapat mendengarkannya secara langsung dan serentak walawpun dalam kekuranggannya radio alat komunikasi yang tidak dapat diulang kembali, maka dari itu setiap penyampaiaan yang disampaikan diberitakan secara jelas sejelas – jelasnya agar khalayak cepat dapat mengerti dan cepat menanggapi dari iklan tersebut.



13. Di radio ada system cash time-compression yaitu bloking time dalam penyediaan ruang untuk membeli spot iklan. Prime time : 07.00-09.00, 11.00 – 13.00, 16.00 -18.00.
Secondary time di radio:19.00 – 22.00. Regular time : waktu selain prime dan reguler
time. Penjadwalan untuk seluruh program yang akan disiarkan di radio setiap harinya
disimpan dalam suatu daftar yang disebut program log. Bagaimana system cash timecompression membuat lebih banyak ruang untuk iklan saat penyiaran radio?
Jawaban :
Menurut saya, system cash timecompression merupakan tempat untuk menyiarkan iklan seperti iklan komersial dan non komersial. Setiap pengiklan diberikan kebebasan untuk mengiklankan melalui bloking time di radio.


14. Apa daya tarik dasar menonton acara TV berdasarkan pengalaman kehidupan nyata? Mengapa penonton begitu tertarik dengan itu?
Jawaban :
Karena lebih seru dilihat dan bisa mendapatkan hikmah dari acara yang ia lihat dalam kisahnyata sebagai sebuah pelajaran hidup mereka yang menonton. Penonton lebih tertarik karena tidak dibuat – buat atau bohong dan biasanya bila kisahnyata alur ceritanya tidak bertele – tele maksudnya tidak ada yang dipanjang – panjangkan alur ceritanya, tidak dibuat yang terlalu berlebihan karena sesuai dengan kisahnyata.



15. Untuk industri televisi, apa keuntungan ekonomi dari reality show berseri?
Jawaban :
Keuntungannya semakin bagus acara tersebut, retingnya akan semakin tinggi, banyak iklan yang akan memasang diacara tersebut dan pemasukan makin meningkat terus setiap detiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar